4 Bukti Jika Van Dijk Jantung Pertahanan Liverpool

4 Bukti Jika Van Dijk Jantung Pertahanan Liverpool

rjpkr88newsflash – Virgil van Dijk sudah mencatatkan 51 tampilan bersama dengan Liverpool semenjak dihadirkan dari Southampton pada 2017. Ia dibeli Liverpool dengan mahar 75 juta pound sterling.

Pada Sabtu (19/1/2019), Van Dijk menolong Liverpool memenangi laga menantang Crystal Palace di Anfield Fase dengan score 4-3 dalam kelanjutan Liga Inggris.

Dengan kehadiran Van Dijk, posisi pertahanan Liverpool jadi begitu kuat. Ia membawa team bimbingan Jurgen Klopp itu ada di puncak klassemen Liga Inggris dengan 60 point.

Dampak pemilik nomer punggung 4 di The Reds ini tampak jelas. Ia selalu menggali angka-angka dibalik perolehan laga ke-51.

Menurut statistik dari Opta, ada bukti yang menunjukkan jika Van Dijk jadi jantung pertahanan Liverpool semenjak masuk dari Southampton.

24 Clean Sheet

Semenjak kehadiran Van Dijk, Liverpool dapat menuliskan 24 clean sheet di semua pertandingan. Walau demikian, ia mesti menanti sampai laga ke lima untuk mencapai clean sheet pertama bersama dengan Liverpool.

Akan tetapi mulai sejak itu, bek asal Belanda itu mulai terlatih dengan permainan Liverpool. Musim ini saja, ia menolong The Reds menuliskan 13 clean sheet dari 23 laga di Liga Inggris.

“Saya senang dengan clean sheet,” tuturnya, diambil dari situs sah club.

34 Kemenangan

Posisi pertahanan Liverpool begitu kuat musim ini. Mereka cuma kemasukan 13 gol di Liga Inggris sampai minggu ke-23 Liga Inggris. The Reds terdaftar sudah kantongi 19 kemenangan.

Van Dijk hampir tidak tergantikan di posisi pertahanan Liverpool. Ia cuma sekali digantikan oleh Jurgen Klopp.

Keseluruhannya, ia sudah menolong memenangi 34 dari 51 laga The Reds di semua pertandingan musim ini, termasuk juga belasan tampilan Liga Champions, dengan tujuh kali imbang serta 10 kekalahan.

Jago Duel

Tidak ada pemain Liverpool yang dapat menaklukkan prosentase kesuksesan Van Dijk dalam duel dalam 51 laga selama ini. Pemain berumur 27 tahun ini sudah memenangi 71,69 % dari 445 duel yang jalaninya.

Pada periode yang sama, ia pun pimpin dalam soal clearence (272), intersepsi (59) serta blok (21).

“Ia mempunyai kekuatan mengagumkan,” kata Klopp minggu kemarin. “Ia ialah orang yang fenomenal, ia kuat dengan fisik serta mempunyai semuanya tehnis yang Anda perlukan menjadi bek tengah.”

“Demikian beberapa hal yang telah baik serta beberapa hal yang masih tetap dapat ia naikkan. Itu situasinya.”

Benteng Anfield

Team bimbingan Klopp membuat rekor waktu terlama ke-2 dalam riwayat club, untuk masalah tiada kebobolan gol di Anfield saat 2018.

Ada rentang waktu 918 menit dari sejak kebobolan gol Michail Antonio untuk West Ham United pada bulan Februari serta Callum Paterson untuk Cardiff City pada bulan Oktober.

Yang sangat menonjol dari team itu ialah Van Dijk, yang disebut hanya satu anggota dari lima bek sebagai starter di tiap-tiap laga itu.