5 Fakta Menarik Lain Seputar Pemilik Golongan Darah O

5 Fakta Menarik Lain Seputar Pemilik Golongan Darah O

rjpkr88newsflash – Golongan darah dijumpai dari pengklasifikasian darah dalam satu grup berdasar pada ada ataukah tidak terdapatnya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Lewat proses itu pada akhirnya didapati tipe-tipe kelompok darah.

Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, mendapatkan penghargaan Nobel dalam bagian Fisiologi serta Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya temukan langkah penggolongan darah ABO.

Sesaat Jan Janskydi pada tahun 1907 sukses mengklasifikasikan darah manusia ke empat group, yang sampai sekarang masih tetap dipakai. Dari empat golongan darah, type O adalah klasifikasi yang sangat banyak dipunyai oleh manusia dalam dunia.

Rupanya, ada bukti menarik lainnya sekitar golongan darah O.

Berikut 5 bukti masalah kelompok darah O yang harus Anda ketahui:

1. Karakter Darah golongan O

Biasanya, golongan darah manusia terbagi dalam A, B, AB serta O. Akan tetapi, kelompok itu terdiri kembali jadi beberapa macam.

Yakni: A+, A-, B+, B-, O+, O-, AB+ serta AB-. Faktanya, golongan darah O tidak mempunyai antigen A atau B dalam sel darah merahnya. Tapi, golongan darah O mempunyai anti-bodi dari A, B atau AB.

2. Pemilik golongan Darah O Ialah Pendonor Universal

Bukti lainnya masalah golongan darah O ialah type darah universal yang dapat memberi donor pada siapapun. Akan tetapi, itu semua balik lagi pada macamnya.

Bila O+ jadi dia dapat didonorkan pada subkelompok RH positif saja (O+, A+, B+, AB+). Demikian demikian sebaliknya dengan golongan darah O- (O-, A-, B-, AB-).

3. Cuma Dapat Terima Donor dari golongan Darah O Saja

Walau bisa memberi pertolongan donor pada beberapa type darah yang lain, golongan darah O cuma dapat terima dari yang tipenya O saja.

Itu kekurangan dari darah O. Umumnya, akan susah untuk mendapatkan pertolongan dari darah ini jika berlangsung satu kecelakaan serta bencana yang lain.

4. Lebih Rawan Diserang Virus?

Seorang yang mempunyai golongan darah O disebutkan lebih rawan pada beberapa infeksi bakteri serta virus dari darah lainnya.

Mirip contoh terdapatnya wabah kolera, gondong sampai tuberkulosis. Beberapa riset ikut tunjukkan jika golongan darah O mempunyai insiden ulkus duodenum 35% tambah tinggi dibanding dengan orang dengan golongan darah A, B, serta AB.

5. Aman dari Serangan Jantung?

Orang dengan golongan darah O mempunyai resiko paling rendah terserang penyakit jantung koroner dibanding orang dengan golongan darah A, B, serta AB.

Studi tunjukkan jika orang yang bukan type darah O mempunyai resiko 25% tambah tinggi terserang kanker pankreas dibanding orang dengan golongan darah O.