6 Fakta Seputar Tol Terpanjang di Indonesia yang Diresmikan Jokowi

6 Fakta Seputar Tol Terpanjang di Indonesia yang Diresmikan Jokowi

rjpkr88newsflash – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan ruas tol terpanjang di Indonesia yaitu ruas tol Bakauheni-Terbanggi Tinggi (Bakter) di Tol Trans Sumatera pada Jumat, 8 Maret 2019.

“Ini ialah tol terpanjang yang sempat saya resmikan, selama 140 jalan tol ini akan tersambung sampai ke Palembang,” tutur Presiden Jokowi.

Konektivitas serta perkembangan ekonomi ialah tujuan penting dalam pembangunan tol ini. Harapannya, ekonomi lokasi Lampung serta Sumatera bisa makin kuat.

Tertarik dengar narasi sekitar tol terpanjang ini? 6 bukti tentang ruas jalan Tol Bakter dari mulai cost tol yang gratis, sampai kedatangan tol yang lebih panjang.

1. Ada 9 Simpang Susun

Kementerian PUPR menyebutkan, jalan tol ini mempunyai 9 simpang susun atau SS. Salah satunya ialah SS Bakauheni, SS Kalianda, SS Sidomulyo, SS Lematang, SS Kotabaru, SS Natar, SS Metro, SS Gunung Sugih 2 serta SS Terbanggi Besar.

Presiden Jokowi belakangan ini pun menunjukkan salah satunya SS yang berada Simpang susun itu terdapat di ruas jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

Jokowi janji SS itu dapat dioperasikan pada tahun ini. Kedatangan SS itu jadi pelengkap dari Tol Trans Sumatera selama 2.000 km..

2. Akan Gratis Dahulu

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan, ketetapan tarif tol itu sekarang ini belumlah diputuskan, serta tidak akan dikenai cost untuk sekian waktu ke depan.

“Iya, ini akan gratis pada dua minggu atau satu bulan,” tutur ia waktu peninjauan di ruang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Ketetapan ini dijelaskan adalah perihal yang lumrah pada saat-saat awal pengoperasian tol. “Gampang mudahan dapat agar orang nikmati dahulu,” sambungnya.

3. Tarifnya?

Menteri Basuki berkata peluang Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan dikenai tarif Rp 1.000 per Km. Menurut dia, besaran itu terhitung laik diaplikasikan.

“Contohnya sarannya pak Jokowi jika kelak ini Rp 1.000 per Km. Jika 140 Km bermakna Rp 140.000. Mahal atau murah, itu tentu relatif,” tutur ia.

Dia juga meyakini jika penduduk tidak akan sangat keberatan pada tarif yang laku, karena keuntungan dari ruas tol ini tambah lebih besar.

4. Akan Ada yang Lebih Panjang

Ruas tol Bakter akan selekasnya kalah oleh ruas tol yang lain yang lebih panjang. Tol itu ialah Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. Ini diutarakan presiden sebelum resmikan tol Bakter.

“Dalam tempo dekat, empat ruas jalan Tol Trans Sumatera beroperasi, tidak hanya Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang panjangnya 189,2 km.,” kata Jokowi.

Diluar itu, Jokowi menyebutkan ada juga ruas yang selekasnya beroperasi, yaitu tol Medan – Binjai serta Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.

5. Kapan Tersambung ke Aceh?

Presiden Jokowi ikut mengungkit koneksi tol ini ke Aceh. dia janji jalan akan tersambung ke Aceh dalam 4 tahun yang akan datang. Tersebut pengakuan presiden:

“Banyak yang menanyakan pada saya, kapan Lampung ke Aceh kapan tersambung? 2024 Lampung sampai Aceh akan tersambung. Mengapa pembangunan ini cepat sekali? Lampung dapat begitu jadi contoh sebab pembebasan tempat yang cepat sekali.” tutur Jokowi.