7 Hewan yang Termasuk Dalam Daftar Terancam Punah

7 Hewan yang Termasuk Dalam Daftar Terancam Punah

rjpkr88newsflash – International Union for Conservation of Nature (IUCN) ialah organisasi paling tua serta paling besar yang mengurus permasalahan konservasi alam serta pemakaian alam yang berkepanjangan. Terdapat beberapa perihal yang dikerjakan, diantaranya ialah masalah kelestarian hewan yang terancam punah. Sekarang ini, terdapat beberapa hewan yang sudah punah.

Umumnya sebabnya ialah tingkah manusia yang tidak mengawasi hewan. Sekarang, ada juga rincian hewan yang masuk dalam rincian “Begitu Terancam Punah”.

Tragisnya, IUCN melaunching ada beberapa hewan yang terancam punah itu datang dari Indonesia. Seperti diambil dari situs onekindplanet.org, Kamis (24/1/2019), tersebut 7 hewan yang masuk dalam rincian terancam punah:

1. Amur Leopard

Semenjak 1996, amur leopard sudah diklasifikasikan oleh IUCN menjadi hewan yang masuk dalam klasifikasi “Begitu Terancam Punah”.

Diprediksikan, banyaknya sekarang cuma 70 ekor. Hewan ini Dicari serta dibunuh untuk bulunya yang indah. Beberapa pemburu pun merusak habitat hewan ini.

Umumnya, habitat hewan ini berada di Korea dan Timur Rusia. Mereka ialah hanya satu subspesies macan tutul yang diadaptasi untuk bertahan hidup pada musim salju serta musim panas yang berlebihan.

2. Gorila

Cross River Gorillas serta Mountain Gorillas kedua-duanya diklasifikasikan menjadi Critically Endangered serta Endangered oleh IUCN semenjak 1996.

Sekarang ini cuma ada 200-300 Gorilla Cross River yang tersisa di alam, serta 900 Mountain Gorillas.

3. Penyu

Dua type penyu termasuk juga diantara spesies yang sangat terancam punah dalam dunia: Penyu Sisik serta Penyu Belimbing dalam 100 tahun paling akhir.

Penyu sisik sudah kehilangan 90 % populasinya. 80 % salah satunya sudah hilang dalam 10 tahun paling akhir.

Pada 1996, IUCN mengklasifikasikannya menjadi spesies yang terancam punah. Penyu Leatherback tercatat oleh IUCN masuk dalam kelompok rawan.

4. Orangutan

Orangutan Sumatera serta Kalimantan sudah diklasifikasikan oleh IUCN dalam status “Begitu Terancam Punah”. Karena, seputar 80 % orangutan hilang dalam 75 tahun paling akhir.

Perihal ini dikarenakan oleh deforestasi massal. Banyak pelaku tidak bertanggungjawab menebang pohon dengan massal tiada pikirkan mengakibatkan pada hewan, seperti orangutan.

5. Gajah Sumatera

Dalam 25 tahun paling akhir, gajah Sumatera sudah kehilangan 70 % habitatnya. Sama dengan intimidasi kepunahan orangutan, mengurangnya jumlahnya gajah dikarenakan oleh deforestasi.

Banyak pelaku yang membakar rimba untuk jadikan tempat perkebunan kelapa sawit, pertanian serta pemukiman manusia.

Perihal yang lebih mengerikan kembali, banyak pelaku yang menyengaja membunuh lantas ambil gadingnya.