Banyak Pihak Oposisi Membela Habib Bahar bin Smith

Banyak Pihak Oposisi Membela Habib Bahar bin Smith

rjpkr88newsflash – Habib Bahar bin Smith dipolisikan Jokowi Mania serta Cyber Indonesia sebab ceramahnya yang menyebutkan ‘Jokowi kayaknya banci’ sampai ‘Jokowi haid’. Ramai-ramai pihak oposisi membela Habib Bahar.

Ialah PA 212, PAN, PKS, Gerindra, serta Wakil Ketua DPR yang Waketum Gerindra Fadli Zon sampai calon wakil presiden nomer urut 02 Sandiaga Uno yang membela pria berjulukan Habib Bule itu. PA 212 menyebutkan apakah yang dikatakan Habib Bahar adalah satu masukan.

“Itu kan masukan, meyakini kelak ada keterangan terutamanya, konsentrasi perihalnya, tentu saja ada pula kelak beberapa hal yang tidak dikritik. Waktu ingin semua bagus-bagus disebut. Jokowi kan manusia, yang tidak lepas dari kekeliruan. Ulama saja, jika butuh, bisa dikritik,” kata Damai Hari pada detikcom, Kamis (29/11).

Seirama dengan PA 212, PKS memandang apakah yang dikatakan Habib Bahar adalah satu masukan serta minta masalah itu dituntaskan dengan kekeluargaan. Selain itu, Gerindra minta polisi tidak tebang pilih.

Berlainan dengan partainya yang mengungkit momen Bupati Boyolali Seno Samodro yang sudah sempat memaki sang ketum, Prabowo Subianto, dengan panggilan ‘Prabowo a**’, Fadli Zon bicara masalah peluang terjadinya kriminalisasi ulama. Fadli ikut minta tim Jokowi tidak baper alias bawa serta perasaan.

“Yang saya ketahui sich Habib Bahar itu orangnya pintar ya, tajam, ya mungkin cukup gawat. Tetapi jika beberapa hal yang hanya asosiatif begitu ya, itu kan bukan menuduh, metafor atau abstraksi. Jadi karena itu saya mesti cek, mesti dengar. Tapi jika itu tujuannya metafor, tidak perlu baper-lah ya. Itu biasa di masa demokrasi,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11).

Tidak berhenti disana, pembelaan ikut hadir dari PAN. PAN memandang ceramah itu menjadi reaksi atas ketidakadilan yang dihadapi beberapa ulama.

“Saya begitu dapat rasakan kekecewaan, bahkan bisa saja kemarahan Habib Bahar, beberapa ulama, serta habaib yang lain. Itu ialah reaksi yang manusiawi pada beberapa masalah ketidakadilan yang dihadapi beberapa ulama, habaib, serta aktivis Islam. Kriminalisasi serta aksi semena-mena ikut berlangsung,” kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo waktu dihubungi, Jumat (30/11/2018).

Paling akhir, Sandiaga Uno ikut mulai bicara berkaitan dipolisikannya Habib Bahar. Tidak hanya minta aparat penegak hukum bijak dalam menanggapi laporan itu, eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan pria yang sempat ditahan sebab pimpin tindakan sweeping di Kafe De Most, Bintaro, Jakarta, pada 2012 itu menjadi tokoh agama yang tiap-tiap pengakuannya mempunyai arti.

“Beliau kan tokoh agama, diatas semua. Jika tokoh agama, kiai, habib, itu jadi contoh semua, dan apakah yang dikatakan itu tentu saja penuh arti. Kita menjadi penduduk mesti bijak untuk tangkap info, pesan-pesan, janganlah cepat terhasut,” tutur Sandiaga di Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2018).