BNPB Beri Pertolongan Rp500 Juta untuk Tsunami Selat Sunda

BNPB Beri Pertolongan Rp500 Juta untuk Tsunami Selat Sunda

rjpkr88newsflash – Kepala Pusat Data, Info, serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan pihaknya memberi pertolongan buat daerah terdampak tsunami Selat Sunda berbentuk Dana Siap Gunakan (DSP) sejumlah Rp500 juta.

Dia memberikan dana pertolongan operasional itu akan dikasihkan untuk untuk Pemerintah Daerah Pandeglang, Serang, serta Lampung Selatan yang telah mengambil keputusan status responsif darurat.

“Dana siap gunakan yang dikasihkan langsung kontan Rp500 juta itu ke Pemda Pandeglang. Mengingat Pemda Serang serta Lampung Selatan juga mengambil keputusan status responsif darurat. Jadi BNPB juga bakal memberi pertolongan dana operasional untuk keposkoan,” jelas Sutopo di gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (28/12).

Diluar itu dia mengemukakan BNPB sudah memberi 414 paket makanan siap saji, 1.098 paket lauk pauk, 512 paket makanan penambahan gizi, 100 kantong mayat, 10 set tenda pengungsi, 3 set tenda rsl, unit AC, dan 10 unit genset.

Dalam pemaparannya, diterangkan jika 99,1 % service telekomunikasi juga sembuh di lokasi yang terdampak tsunami Selat Sunda. Diluar itu, 65% saluran listrik juga sembuh.

Didapati ikut BMKG sudah menempatkan 6 alat sensor di sekitar Gunung Anak Krakatau. Alat sensor itu dipasang dibagian pulau Sumatera sekitar 3 buah serta dibagian Pulau Jawa 3 buah.

“BMKG sudah menempatkan enam alat sensor dikeliling Gunung Anak Krakatau yang dapat menjumpai getaran sampai Magnitudo 3,4,” tuturnya.

Sutopo Purwo Nugroho ikut menuturkan perubahan pertolongan yang telah dialirkan dari pihak lainnya. Salah satunya 9 pos Puskesmas telah dibangun oleh Kementrian Kesehatan di kabupaten
Pandeglang serta 1 di Kabupaten Serang.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Daerah Karunia Pandeglang serta Rumah Sakit Umum Daerah Drajat Prawiranegara Serang ditunjuk menjadi rumah sakit referensi korban tsunami.

Pertamina ikut ikut menyiagakan 425 pangkalan gas elpiji 3 kg di kabupaten Pandeglang untuk memenuhi keperluan penduduk akan bahan bakar.

Paling akhir, 9 jalan penerbangan yang terdiri 6 penerbangan internasional serta 3 penerbangan domestik yang  telah diarahkan untuk hindari letusan gunung Anak Krakatau.