Kehadiran Smartphone Lipat dan 5G Bakal Lahirkan Era Baru Smartphone

Kehadiran Smartphone Lipat dan 5G Bakal Lahirkan Era Baru Smartphone

rjpkr88newsflash – Perusahaan penelitian Gartner memprediksi gelombang adopsi smartphone setelah itu akan berlangsung pada 2020. Kedatangan smartphone lipat serta jaringan 5G akan berperan penting dalam hal tersebut.

Gartner memprediksi sekitar 65 juta unit smartphone 5G akan terjual selama 2020.

Salah satunya vendor paling besar, Apple, diperkirakan baru akan melaunching smartphone 5G pada 2020, hingga dapat disebutkan 5G akan begitu menguntungkan buat industri.

Gartner menyebutkan piranti 5G dengan perangkat lipat sebelumnya memang akan mahal. Akan tetapi, pemakai akan “diminta” untuk mengupdate perangkatnya sebab beberapa feature spesifik. Keperluan untuk type tehnologi futuristik dipandang akan menyebabkan masa baru penjualan smartphone.

Kedatangan piranti lipat serta 5G diinginkan bisa membuat industri smartphone kembali bergelora. Perihal ini mengingat penjualan smartphone yang terakhir tidak tumbuh sangat besar.

Berdasar pada laporan baru Gartner, penjualan smartphone global cuma tumbuh 1,4 % pada kuartal III 2018 dibanding periode sama tahun kemarin. Sekitar 389 juta smartphone terjual, naik dari 383,5 juta unit pada kuartal III 2017.

Peranan Terpenting Vendor Tiongkok

Mencuplik data Gartner, Samsung masih tetap bertahan di rangking pertama dengan 18,9 % market share pada kuartal III 2018. Akan tetapi, penjualannya turun 3,4 % dibanding periode sama pada tahun kemarin.

Apple ada di rangking ke-3 dengan market share stagnan di angka 11,8 %.

Sesaat Samsung bertahan di rangking pertama pasar smartphone, tetapi penurunannya tunjukkan begitu “mengancamnya” vendor di harga produk lebih dapat dijangkau, seperti Huawei serta Xiaomi.

Huawei tempati tempat nomer dua di pasar smartphone dengan 13,4 % market share. Xiaomi di rangking ke empat dengan 8,5 %.

Laporan Gartner tunjukkan jika tiada Huawei serta Xiaomi, penjualan smartphone akan turun 5,2 % dengan global.

“Di pimpin oleh smartphone harga terjangkau, feature camera yang lebih baik, serta monitor resolusi tinggi, beberapa manufaktur hp top Tiongkok tingkatkan angka penjualan di beberapa pasar berkembang saat kuartal III 2018,” catat Direktur penelitian Gartner, Anshual Gupta.