Tjahjo Kumolo Meminta Agar Tidak Khawatir Kotak Suara Berbahan Kardus

Tjahjo Kumolo Meminta Agar Tidak Khawatir Kotak Suara Berbahan Kardus

rjpkr88newsflash – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tidak mempersoalkan berkaitan perubahan kotak suara Pemilu 2019 dengan mode memiliki bahan kardus kedap air. Ia ikut minta beberapa pihak supaya tidak khawatir.

“Janganlah mencari sebuah kekhawatiran, perihal yang telah umum ya mesti dimengerti menjadi perihal yang umum. Jika satu permasalahan dicari kesalahannya ya ribet,” kata Tjahjo di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Ia menuturkan berkaitan perubahan kotak suara itu ialah kewenangan KPU. Ia ikut minta pada publik supaya yakin jika pemilu kelak akan terwujud dengan aman.

“Kepolisian mengamankan, Satpol PP mengamankan, petugas kecamatan desa mengamankan, saksi-saksi parpol mengamankan juga. Saya duga tidak permasalahan, masalah ada yang rusak ada yang apakah, ya ditukar saja, tidak ada permasalahan,” kata Tjahjo.

Ia ikut menuturkan pemakaian kotak suara itu pernah dipakai saat penentuan daerah. Serta menurut Tjahjo tidak ada laporan yang menyedihkan.

“Masalah aman serta tidak kan bergantung di lapangan, tetapi pada prinsipnya kotak ini kuat, diduduki kuat, dengan undang-undang transparan, ada plastiknya dan lain-lain,” papar Tjahjo.

Sesuai dengan Manfaat

Ketua Komisi Penentuan Umum (KPU) RI Arief Budiman menjelaskan, kotak suara yang terbuat dari kardus untuk Pemilu 2019 cukuplah kuat diperlakukan sama dengan fungsinya menjadi kotak nada.

“Kotak suara dibuat untuk menjalankan manfaat menjadi kotak suara, bukan menjalankan manfaat untuk meredam api, bukan menjalankan manfaat untuk meredam banjir, bukan,” tutur Arief di Jakarta, seperti dikutip Pada, Selasa (18/12/2018).

“Jika terkena banjir, di rendam air jelas rusak, dibakar jelas terbakar,” sambung ia.

Dia menyatakan, kotak suara Pemilu 2019 terbuat dari karton kedap air. Pengertian kedap air itu menurut dia ialah kotak suara yang tahan air dalam perlakuan normal.

Arief sendiri sudah tunjukkan ketahanan kotak suara Pemilu yang dapat meredam air saat disemprot dengan air selang. Ia menyatakan, manfaat kotak suara ialah untuk menaruh serta mengamankan dokumen.

“Kotak ini dibuat untuk menjalankan manfaat menjadi kotak suara, menaruh dokumen, mengamankan dokumen, tidak jebol saat diangkat, itu beberapa fungsi kotak suara. Bukan lalu kotak suara ditiduri kok jebol, ya janganlah ditiduri, wong kotak suara dibuat bukan untuk ditiduri,” tutur Arief.