Riset Membuktikan Cristiano Ronaldo Tak Pernah Terganggu oleh Tekanan

Riset Membuktikan Cristiano Ronaldo Tak Pernah Terganggu oleh Tekanan

rjpkr88newsflash – Striker Juventus, Cristiano Ronaldo menepati janjinya. Sebelum pertandingan Juventus versus Atletico Madrid di pertandingan ke-2 16 besar Liga Champions, Selasa (12/3) atau Rabu pagi hari WIB, ia janji akan cetak hattrick.

Akhirnya, itu yang berlangsung. Cristiano Ronaldo cetak tiga gol sekaligus juga membawa Juventus maju ke permpat final sesudah menaklukkan Atletico 3-0. Keseluruhan, Juventus menang agregat 3-2.

Bukan kebetulan jika pemain berumur 34 tahun ini dengan berkelanjutan membuahkan perform serta tampilan besar di panggung termegah seperti Liga Champions, serta satu riset belakangan ini menunjukkan kemampuan mentalnya yang mengagumkan dalam keadaan denganpressuretinggi.

Riset itu dikerjakan oleh perusahaan analisa berolahraga SciSports. Dalam penelitiannya itu menunjukkan jika Ronaldo tidak seperti yang lainnya dalam dunia sepak bola saat itu berkaita dengan satu keadaan atau peristiwa bertekanan tinggi.

SciSports bekerja bersama dengan kampus penelitian KU Leuven untuk pelajari berapa besar tekanan jadi aspek dalam momen-momen terpenting dalam laga sepak bola. Mereka menghimpun data dari 7.000 menit permainan, mengkaji bagaimana level perform seorang di pengaruhi oleh tekanan dalam permainan serta coba terka siapa yang ada di tempat paling atas?

Cristiano (Ronaldo.[3915577 “”) tampil di tempat puncak.

Kebal Tekanan

Faktanya, striker Juventus yang pemenang Ballon d’Or lima kali itu memang seperti kebal pada tiap-tiap tekanan, serta itu tidak mengagetkan terpenting jika lihat bagaimana level performnya tidak beralih di tiap-tiap skenario yang mungkin berlangsung di permainan sepak bola.

Ronaldo tunjukkan berapa kuat mentalnya saat melawan tekanan waktu menantang Atletico Madrid di leg ke-2 set 16 besar Liga Champions. Juventus dituntut menang untuk menguber defisit dua gol atas kekalahan di leg pertama, Ronaldo juga menunjukkannya. Tidak cuma satu gol, Ronaldo cetak tiga gol dalam kemenangan 3-0 serta membawa Bianconeri ke perempat final Liga Champions dengan agregat 3-2.

Lalu, berapa besar serta seringkali tekanan merubah perform pemain?

Tekanan Pengaruhi Permainan

Dalam riset itu diteruskan pun jika ada banyak pemain yang perform mereka begitu dipengaruhi sebab terdapatnya tekanan.

Berdasar pada riset, Neymar ialah pemain yang performnya begitu di pengaruhi oleh tekanan di permainan, serta demikian juga dengan bintang Chelsea, Eden Hazard.

Berdasar pada riset dari Analis SciSports, Jan van Haaren, Neymar membuat keputusan-keputusan yang malah lebih jelek jika ada dibawah tekanan. Sesaat Hazard pun di pengaruhi oleh tekanan, serta seringkali membuat ketetapan dalam permainan yang jelek saat team dalam perebutan bola.

Profesor Jesse Davis dari Departemen Pengetahuan Computer di KU Leuven, bicara mengenai riset itu.

“Tekanan mental telah dipelajari di berolahraga seperti baseball serta basket, tetapi di sepak bola, ini yang belumlah dipetakan,” katanya seperti dilansirSportBible.

“Itu mengapa kami meningkatkan satu mode memakai machine learning untuk memprediksi berapa banyak tekanan mental yang dihadapi oleh pemain yang kuasai bola,” imbuhnya.

“Mode itu mengkaji bagaimana kapasitas pemain ini dibawah tekanan: ketetapan apakah yang dia bikin, apa aksi yang diambil dilakukan dengan baik serta berapa besar efek atas aksi yang diambil itu pada hasil laga?” tutupnya.