Sejumlah Perkumpulan Menggelar Deklarasi Menunjukkan Dukungan Politiknya

Sejumlah Perkumpulan Menggelar Deklarasi Menunjukkan Dukungan Politiknya

rjpkr88newsflash – Beberapa perkumpulan serta komunitas mulai memberikan suport politiknya. Mereka ramai-ramai menggelar deklarasi memberi dukungan pasangan capres-cawapres.

Momen ini mulai ramai serta makin diperbincangkan, terpenting waktu mendekati Pemilihan presiden, April 2019 yang akan datang.

Contohnya saja seperti yang dikerjakan oleh Alumni Kampus Indonesia (UI). Mereka mengadakan deklarasi memberi dukungan Joko Widodo serta Ma’ruf Amin di kompleks Gelanggang olahraga Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu 12 Januari 2019.

Ketua Bagian Milenial Alumni Kampus Indonesia Muhammad Pradana Indraputra menjelaskan, alumni UI mempunyai fakta kuat memberi dukungan pasangan calon nomer urut 01 ini di Pemilihan presiden 2019.

“Jokowi bukan tipikal orang yang omong doang, gagasan doang. Jokowi itu man of action. Jokowi lakukan semua. Sesederhana itu fakta kami,” kata Pradana, Minggu 13 Januari 2019.

Ia menjelaskan, yang memperbedakan Jokowi dengan yang lainnya ialah calon presiden petahana itu adalah pemimpin yang tegas serta berani. Ia memberikan contoh, hal tersebut tergambar dalam kesuksesan pemerintah dalam mengakuisisi PT Freeport serta mengakhiri project MRT.

“MRT yang telah terencana dari tahun 90-an, tidak sempat tereksekusi. Baru tereksekusi sama Jokowi. Freeport sejak dahulu tuturnya divestasi, tetapi tidak sempat peristiwa. Baru jaman Jokowi dapat berlangsung,” jelas Pradana yang menjabat Ketua Bagian Milenial Penduduk Cinta Masjid (MCM) ini.

Menurutnya, pemilih milenial condong semakin lebih pilih calon presiden yang sudah menunjukkan kapasitasnya.

“Visi Jokowi pas sekali dengan anak muda. Ia memberi dukungan start up, ekonomi kreatif serta transportasi publik, kebersihan serta tata kota. Beliau pun tipikal orang enerjik serta berjiwa muda,” papar Pradana.

Tidak cuma Alumni UI saja, beberapa komune lainnya pun ikut memeriahkan deklarasi junjung Jokowi di GBK. Mereka ialah Penduduk Cinta Masjid (MCM).

“Kader MCM miliki hak pilih, sejumlah besar kader MCM ingin Jokowi meneruskan pemerintahannya di periode ke-2,” kata Ketua Umum MCM Wishnu Dewanto.

Wishnu mengatakan, pemerintahan Jokowi sudah menunjukkan kapasitasnya yang pro rakyat pada periode pertama pemerintahannya hingga bekas Gubernur DKI Jakarta ini patut untuk dikasih peluang mengakhiri program-programnya di periode ke-2 kepemimpinannya.

“Infrastruktur yang masif. Keamanan konstan. BBM satu harga. Perusahaan yang dahulu dikuasai asing telah bisa dikuasai bangsa Indonesia. Kami perasaan ia patut dua periode,” lebih ia.

Tidak ingin tertinggal, beberapa ratus orang yang terhimpun dalam Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) pun mengumumkan suport pada calon presiden calon wakil presiden nomer urut 01 itu.

Acara deklarasi ini diselenggarakan di SCBD, Jakarta Selatan, Minggu siang. Acara itu diselenggarakan sekaligus juga dalam rencana mengumumkan berdirinya PPPI menjadi organisasi yang menyimpan masukan penduduk penerbangan.

“Yakinkan suport untuk Pak Jokowi serta Pak Ma’ruf Amin, bismillahirrahmanirrahim,” tutur Ketua PPPI Rizki Budimansyah waktu deklarasi, Minggu (13/1/2019).

Tidak tanggung-tanggung, acara ini nyatanya didatangi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ada juga vokalis Vina Panduwinata.

Dalam peluang itu, Budi mengapresiasi suport yang dikasihkan beberapa awak kabin pada pemerintahan sekarang ini. Ia pun mengapresiasi suport pada Jokowi untuk kembali pimpin Indonesia pada periode selanjutnya.

“Saya mengapresiasi apakah yang dikerjakan, amanah yang dikatakan oleh rekan-rekan pilot serta pramugari itu akan saya berikan pada Pak Jokowi serta Ma’ruf Amin, serta dapat memberi dukungan keterpilihan Pak Jokowi serta Ma’ruf,” tutur Budi.

Tidak hanya beberapa pilot, Jokowi-Ma’ruf pun mendapatkan suport dari beberapa entrepreneur yang terhimpun dalam Galang Perkembangan (GK) Jokowi.

Pengalaman di pemerintahan jadi fakta mereka memberi dukungan Jokowi untuk pimpin Indonesia pada 2019-2024.

“Beliau ialah muslim serta naik haji. Lantas Beliau telah memiliki pengalaman di pemerintahan dari wali kota, gubernur, serta Presiden. Lalu, Beliau memiliki program yang pasti. Jadi jangan pernah negara ini di pimpin oleh orang yang tidak memiliki pengalaman,” kata Ketua GK Entrepreneur Jokowi, Trisya Suherman di Jakarta Pusat, Minggu (13/1/2019).

Trisya menjelaskan, relawan GK Jokowi akan memberi suport pada bekas Gubernur DKI Jakarta itu selama saat kampanye. Salah satunya triknya dengan mendatangi masyarakat dari kampung ke kampung, perumahan sampai ke tempat keramaian.

“Saya menyarankan pada relawan GK katakan ke penduduk mengenai figur Jokowi serta keberhasilannya pimpin pemerintah,” kata ia.

Suport ke Prabowo-Sandi

Sesaat pasangan capres-cawapres nomer urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun mendapatkan suport dari komune masyarakat.

Seperti yang dikerjakan beberapa puluh anggota Kerabat 85 yang datang dari beberapa alumni lintas SMA. Mereka mengumumkan supportnya untuk Prabowo-Sandi. Deklarasi dikerjakan di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi di Jalan HOS Tjokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/1/2019).

“Kami mengumumkan suport pada Bapak Prabowo Subianto serta Bapak Sandiaga Uno untuk jadi presiden serta wapres Republik Indonesia periode 2019-2024,” kata Ketua Kerabat 85, Armansyah dibarengi beberapa puluh anggota yang lain.

“Kami akan memperjuangkan baik di sosial media ataupun lewat pengerahan jaringan relawan kami di tiap-tiap tempat kami tinggal semasing,” sambungnya.

Kerabat 85, katanya, beranggotakan alumni SMA di Jakarta serta ada pula bekas relawan Jokowi. Armansyah menjelaskan anggota Kerabat 85 pun meluas ke beberapa kota seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta serta Medan.

Selesai deklarasi, Kerabat 85 menyerahkan beberapa uang pada pengurus Seknas. Armansyah menjelaskan pihaknya akan membuat baliho dengan swadaya untuk memberi dukungan penyalonan Prabowo-Sandi.

Tujuan dari kampanye yang akan dikerjakan adalah untuk semua kelompok serta akan menggencarkan kampanye lewat sosial media. Armansyah pun ajak beberapa anggota Kerabat 85 untuk mengkampanyekan Prabowo-Sandi di lingkungan semasing.

Armansyah menjelaskan, pihaknya memberi dukungan pasangan yang diusung Gerindra, PKS, PAN, serta Demokrat itu sebab inginkan pergantian. Menurut dia Prabowo-Sandi dapat membawa Indonesia sampai pada harapan bangsa sama dengan pembukaan UUD 1945.

“Kami memang serius ingin, mengharap banyak dapat memenangi Pak Prabowo serta Bang Sandi sebab kami ingin pergantian yang lebih baik,” ujarnya.