Timses Jokowi Menilai Zaman Orde Baru Lebih Korup Dibanding Sekarang

Timses Jokowi Menilai Zaman Orde Baru Lebih Korup Dibanding Sekarang

rjpkr88newsflash – Wakil Sekretaris Team Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Raja Juli Antoni, memberi dukungan pengakuan Jokowi yang menyatakan jangan pernah ada yang menjelaskan indeks korupsi di Indonesia telah masuk fase 4. Toni menyebutkan jaman Orde Baru (Orba) lebih korup dibanding masa saat ini.

“Arti ‘stadium 4’ itu kan malah digunakan Jokowi untuk menjelaskan jika Pak Jokowi tidak lakukan apa-apa. Pemberantasan korupsi kita mandek dan lain-lain, tidak, pemberantasan korupsi kita berjalan,” tutur Toni waktu dihubungi, Selasa (4/12/2018).

“Serta sekaligus juga menjelaskan data yang dikasihkan Pak Ketua KPK itu tunjukkan jika memang jaman Orde Baru itu lebih korup dibanding waktu saat ini. Indeksnya 20 ya tahun ’98, lalu sukses naik ke ’37,” sambungnya.

Toni lalu menyentuh pengakuan ‘korupsi fase 4’ yang sempat dilemparkan calon presiden Prabowo Subianto. Menurut dia, kembali lagi Prabowo bicara tiada data sebab Corruption Perception Index (CPI) Indonesia malah alami kenaikan.

“Ya saya duga kembali lagi memang Pak Prabowo bicara tiada data ya. Corruption Perception Index-nya ya, CPI kita memang jika kita lihat dari presentasi Ketua KPK barusan itu kan dari tahun ’98, itu kita surplus 17 dari 20% pada tahun ’98, di jaman akhir Pak Harto, lalu lebih baik di angka 37. Belumlah prima, tetapi itu ada perbaikan,” kata orang politik PSI ini.

Awal mulanya, Presiden Jokowi menjelaskan loncatan Corruption Perception Index (CPI) Indonesia dari 1998 sampai 2018 begitu berarti. Sekarang ini CPI Indonesia berada di angka 37. Jokowi juga menyatakan jangan pernah ada yang menjelaskan indeks korupsi di Indonesia telah masuk fase 4.

“Dari yang terjelek se-ASEAN, saat ini naik jadi CPI ke angka 37, ini pantas disyukuri. Jangan pernah ada yang katakan korupsi kita fase 4, tidak ada,” kata Jokowi selesai peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2018 di gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pengakuan masalah ‘korupsi fase 4’ sempat dilemparkan calon presiden Prabowo Subianto waktu jadi pembicara dalam The World in 2019 Gala Dinner di Grand Hyatt Hotel, Singapura. Prabowo menjelaskan korupsi di Indonesia sangatlah kronis serta mengakibatkan kerusakan hari esok bangsa.