Wanita Melamar Pasangan Ada di 4 Daerah di Indonesia

Wanita Melamar Pasangan Ada di 4 Daerah di Indonesia

rjpkr88newsflash – Sejumlah besar budaya di tanah air berbentuk patriarkis. Ini bermakna golongan pria diinginkan untuk menguasai banyak segi kehidupan. Pun diinginkan menjadi pihak yang ambil ide, termasuk juga dalam melamar pasangan.

Walau bagaimanapun, ada pula banyak daerah yang lebih kental matriarkinya. Janganlah bingung jika di beberapa daerah ini malah wanita yang ‘bertugas’ melamar pasangan mereka.

1. Trenggalek, Jawa Timur

Salah satunya daerah yang miliki kebiasaan wanita melamar pria ialah Trenggalek. Di sejumlah daerah seputar seperti Tulungagung serta Kediri pun mempunyai kebiasaan yang sama. Sebelum melamar ke pihak pria, calon mempelai pria awal mulanya telah meminta izin ke orang-tua calon mempelai wanita jika dia ingin menikah dengan anaknya. Sesudah mendapatkan izin serta restu, keluarga pihak wanita lalu bertamu ke keluarga pihak pria dengan membawa seserahan atau lakukan lamaran.

Beberapa waktu lalu, lamaran ini akan dibalas oleh pihak pria dimana keluarga pria bertamu ke keluarga wanita. Pada acara lamaran dari pihak pria ini biasanya akan dikerjakan penelusuran tanggal yang pas buat menikah ke-2 calon mempelai dengan mengkalkulasi weton dalam penanggalan kebiasaan Jawa.

2. Lamongan, Jawa Timur

Melamar pria dikerjakan oleh beberapa wanita di daerah Lamongan, Jawa Timur. Kota yang ada di pesisir utara Jawa ini mempunyai kebiasaan keluarga wanita bertandang ke rumah keluarga pria serta mengatakan lamaran. Keluarga wanita yang lakukan lamaran pun membawa seserahan seperti lamaran biasanya.

3. Minangkabau, Sumatera Barat

Meminang atau melamar pria pun dikerjakan oleh penduduk Minangkabau. Pihak keluarga wanita akan tiba ke rumah calon mempelai pria serta lakukan lamaran. Tidak hanya membawa seserahan, beberapa wanita Minang yang melamar akan memberi uang Japuik atau uang Panai’ di kebiasaan Bugis.

4. Rembang, Jawa Tengah

Penduduk Rembang, Jawa Tengah pun miliki kebiasaan wanita melamar pria. Banyak penduduk di daerah ini yang masih tetap menjalankan kebiasaan ini. Melamar pria dipandang menjadi perasaan hormat kepada pihak suami yang nanti bisa menjadi imam serta pemimpin di kelurga istri. Melamar pria di sini tidak ada tujuan untuk merendahkan pihak wanita dikit juga itu.

Itu beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai kebiasaan unik dimana kaum hawa melamar beberapa prianya.